Open Conference Systems, Seminar Nasional Sosial dan Humaniora

Font Size: 
MENGINTEGRASIKAN PENDIDIKAN PERDAMAIAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MEMBANGUN KONSTELASI DAMAI DALAM PEMILU 2024 DI INDONESIA
Hokkop Fritles Nababan

Last modified: 2023-09-14

Abstract


Abstrak

Tulisan ini membahas tentang pentingnya mengintegrasikan pendidikan perdamaian dalam pembelajaran sejarah untuk membangun konstelasi damai dalam Pemilu 2024 di Indonesia.  pendidikan sejarah memiliki peran yang krusial dalam membentuk pemahaman yang mendalam tentang konflik masa lalu dan cara-cara penyelesaiannya. Dengan memasukkan prinsip-prinsip dan praktik pendidikan perdamaian ke dalam pembelajaran sejarah , siswa memiliki kemampuan untuk mencegah dan mengatasi konflik pemilu tanpa kekerasan dan ujaran kebencian. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi pustaka, analisis kurikulum dalam implementasi pendidikan perdamaian dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah memberikan rekomendasi praktis kepada pendidik dan pengambil keputusan pendidikan serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan perdamaian dalam menciptakan perdamaian dalam Pemilu. Dengan mengintegrasikan pendidikan perdamaian dalam pembelajaran sejarah, generasi muda dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menciptakan suasana damai dalam Pemilu 2024 dan di masa depan. Integrasi pendidikan perdamaian dalam pembelajaran sejarah dapat menjadi pijakan yang kuat dalam membangun masyarakat yang lebih harmonis dan mengatasi konflik dengan cara yang damai. Dengan memahami sejarah dan prinsip-prinsip perdamaian, siswa dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam mengatasi tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam konteks pemilihan umum.


Keywords


Pendidikan Perdamaian, Pemilu 2024, Pembelajaran Sejarah