Last modified: 2023-09-14
Abstract
Media merupakan alat bantu seorang guru sebagai perantara untuk menyampaikan pesan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang meliputi merangsang pola pikir, niat, dan dorongan belajar. Kenyataannya penggunaan media pembelajaran yang dilakukan selama luring maupun daring kurang memotivasi semangat belajar peserta didik. Hal ini tentunya mempengaruhi konstribusi serta hasil belajar peserta didik yang semakin menurun pada materi metabolisme kelas XII SMA. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk berinovasi dan berkreasi tanpa batas sehingga media pembelajaran mampu diterima oleh peserta didik dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan e-modul menggunakan aplikasi Flip Pdf Professional pada materi metabolisme kelas XII.
Peneliti menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Tahapan yang dilakukan meliputi analisis kebutuhan di 5 SMA, dilanjutkan dengan desain produk, pengembangan produk, dan uji kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan e-modul interaktif dengan Flip Pdf Professional memiliki komponen materi metabolisme yang ringkas, memuat variasai warna, variasi animasi, gambar-gambar, video, dan kata-kata mutiara serta evaluasi. Berdasarkan hasil rekapitulasi dari 4 validator memperoleh rata-rata akhir adalah 3,6 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-modul dengan Flip Pdf Professional pada Materi Metabolisme Kelas XII layak digunakan atau diuji coba secara terbatas setelah perbaikan sesuai saran dari para ahli.
Kata Kunci : media pembelajaran, e-modul interaktif, dan Flip Pdf Professional