Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sosial dan Humaniora 2023

Font Size: 
HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Christian Gilly Victory, Lusia Adven Ningrum

Last modified: 2023-09-14

Abstract


Perancangan desain pembelajaran oleh guru haruslah didasarkan pada kondisi awal siswa yang akan menjadi subjek pembelajaran, terutama terkait hambatan yang sering dialami oleh siswa dalam mengikuti pembelajaran tertentu. Dengan mengetahui hambatan tersebut diharapkan guru dapat merancang desain pembelajaran yang dapat meminimalkan terjadinya hambatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Hypothetical Learning Trajectory (HLT) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan terlebih dahulu menganalisis hambatan belajar (Learning Obstacle) yang dialami siswa kelas VIII SMP pada topik tersebut. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah penelitian desain dengan model validation studies. Model validation studies memiliki empat tahap yaitu Desain Pendahuluan, Percobaan Desain, dan Analisis retrospektif. Namun penelitian ini hanya sampai pada desain pendahuluan yaitu penyusunan Hypothetical Learning Trajectory berdasarkan Learning Obstacle yang diperoleh dari hasil kajian literatur. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh Hypothetical Learning Trajectory pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk peserta didik kelas VIII SMP dengan 6 aktivitas pembelajaran yang mencakup 3 tujuan pembelajaran.

Keywords


Penelitian Desain; Learning Obstacle; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel; Hypothetical Learning Trajectory