Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sosial dan Humaniora 2023

Font Size: 
Rancangan Hypothetical Learning Trajectory pada materi Rasio Trigonometri Berdasarkan Learning Obstacle dengan Bantuan Desmos Classroom Activities
Sebastianus Hanamas Putraditama, Sisilia Nau, Maria Suci Apriani

Last modified: 2023-09-14

Abstract


Trigonometri merupakan materi yang penting dalam pembelajaran matematika di tingkat SMA yang dapat digunakan untuk menunjang mata pelajaran lain seperti kimia, fisika, statistika,  dan geografi. Dilihat dari pentingnya trigonometri dalam berbagai mata pelajaran, maka guru diharuskan bisa merancang Hypothetical Learning Trajectory sesuai dengan hambatan belajar yang dialami peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Hypothetical Learning Trajectory pada materi rasio dan trigonometri berdasarkan hambatan belajar (learning obstacle) peserta didik kelas X. Penelitian ini merupakan jenis penelitian design research dengan tipe validation studies yang terdiri dari tiga tahap yaitu desain pendahuluan, percobaan desain, dan analisis retrospektif. Namun, penelitian ini hanya berfokus pada desain pendahuluan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hambatan belajar yang sering dialami siswa adalah kesalahan konsep. Dengan bantuan desmos classroom activities artikel ini memberikan contoh rancangan Hypothetical Learning Trajectory pada materi rasio trigonometri berdasarkan hambatan belajar.


Keywords


Hypothetical Learning Trajectory, Learning Obstacle, Rasio Trigonometri