Last modified: 2023-09-14
Abstract
Abstrak
Model pembelajaran berbasis computational thinking adalah dimana proses pembelajaran menerapkan komponen dekomposisi, abstraksi, algoritma, dan pengenalan pola. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif . Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas proses pembelajaran berbasis computational thinking pada materi siklus air kelas V-C SD Kanisius Sengkan dengan cara mendeskripsiskan hasil belajar siswa, respon siswa terhadap pembelajaran, dan nilai guru terhadap proses pembelajaran. Rancangan penelitian menggunakan one-shot case study. Subjek penelitian melibatkan 28 siswa kelas V-C SD Kanisius Sengkan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar peserta didik “baik” dengan rata-rata nilai 85,71. (2) Respon dari refleksi siswa terhadap pembelajaran “baik” dengan presentase 89,27% siswa senang terhadap proses pembelajaran. (3) Penilaian dari guru terhadap pembelajaran “sangat baik” dengan skor 3,70 dengan skla 1-4. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran memiliki kualitas “baik”.
Kata Kunci : Pembelajaran IPA, siklus air, computational thingking