USD Conference Systems, Seminar Nasional Sosial dan Humaniora

Font Size: 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI BIOTEKNOLOGI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMAN 6 MADIUN
Frina Prastika

Last modified: 2023-09-14

Abstract


Hasil belajar kognitif masih menjadi salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam suatu pembelajaran. Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif bisa dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Bioteknologi dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilakukan kepada peserta didik kelas XB SMAN 6 Madiun yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan tes berupa soal postest pada siklus 1 dan 2 berjumlah 10 soal. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai Teknik analisis data. Hasil penelitian diperoleh data ketuntasan peserta didik pada siklus 1 sebanyak 17 anak (49%), hasil tersebut belum mencapai indikator keberhasilan sebesar 80% (28 peserta didik tuntas KKM). Maka, dilanjutkan pada siklus 2 diperoleh data peningkatan ketuntasan sebanyak 29 anak (82%), memenuhi indikator keberhasilan 80%. PBL menuntut peran aktif peserta didik dalam memahami dan mengembangkan penalaran, dibuktikan dengan hasil penelitian ini yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif melalui model pembelajaran PBL pada materi Bioteknologi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

Keywords


Problem Based Learning, Hasil belajar, Kognitif

slot online slot gacor slot