USD Conference Systems, Seminar Nasional Sosial dan Humaniora

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Sonia Ajie Wulandari, Fransiscus Xaverius Dedes Afriyanto, Kintan Limiansih

Last modified: 2023-09-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran aktivitas selama pembelajaran, dan reaksi peserta didik setelah pembelajaran Bahasa Indonesia materi jenis-jenis cerita fiksi melalui penerapan model pembelajaran Problem based Learning (PBL) berbasis Computational Thinking (CT). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain penelitian one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan satu siklus dimana pelaksanaannya disesuaikan dengan materi jenisjenis cerita fiksi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Kanisius Babadan pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 peserta didik. Ketuntasan belajar peserta didik tercapai sangat baik dengan memperoleh persentase sebesar 85%, kemampuan guru masuk dalam kriteria baik dengan perolehan persentase 89,4%, persentase aktivitas peserta didik memperoleh 98%, dan untuk hasil respon peserta didik masuk kriteria baik dengan perolehan persentase rata-rata akivitas peserta didik sebesar 88%.

slot online slot gacor slot