Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sosial dan Humaniora 2023

Font Size: 
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PIRAMIDA UANG TERHADAP KETERAMPILAN MENGHITUNG UANG SISWA KELAS III SLB/B
Maria Simforiani Ulus, Irine Kurniastuti

Last modified: 2023-09-14

Abstract


Telah dilakukan penelitian pengaruh penggunaan media pembelajaran, uang terhadap keterampilan membaca dan menghitung uang peserta didik kelas III SLB/B. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperiman. Subyek penelitian terdiri atas delapan orang peserta didik tunarungu di SLB/B Dena Upakara Wonosobo. Hasil penelitian diuji menggunakan uji statistik deskriptif yakni uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran arcade uang berpengaruh terhadap keterampilan membaca dan membaca nilai uang kelas III SLB/B Dena Upakara Wonosobo. Hasil paired sample t test menunjukkan rerata posttest ( M = 85,0000, SE = 6,81385) lebih tinggi dari pretest ( M= 57,5000, SE = 5,90097) dengan t (7) = -4,919 dan perbedaan tersebut signifikan, p = 0,002 ( p < 0,05). Besar pengaruh perlakuan yang ditunjukkan dengan r = 0,880 yang masuk kategori efek “besar” atau setara dengan 78%. Tingkat efektivitas ditunjukkan dengan nilai skor N-gain sebesar 62,899% yang masuk kategori efektivitas “menengah”.


Keywords


piramida uang, tunarungu, berkebutuhan khusus, SLB