USD Conference Systems, Seminar Nasional Sosial dan Humaniora

Font Size: 
Rancangan Pembelajaran Untuk Siswa ADHD di Sekolah Dasar Inklusi
Khatarina Dara Puspitasari, Irine Kurniastuti

Last modified: 2023-09-14

Abstract


Perencanaan pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan tugas yang kompleks serta hal yang penting untuk dapat dilakukan sebelum melaksanakan pembelajaran. Di dalam proses belajar guru terkadang kesulitan untuk mengetahui gaya belajar serta kebutuhan siswa, oleh karena itu guru melakukan upaya identifikasi gaya belajar siswa. Oleh karena itu guru mencoba melakukan pembelajaran akomodatif dengan menggunakan kelebihan yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memperoleh data serta informasi tentang perencanaan pembelajaran di sekolah inklusi. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah inklusi di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan melibatkan guru kelas dan guru pendamping. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, serta dianalisis secara kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini ialah seorang siswa kelas 2 SD dengan diagnosa ADHD yang mengalami permasalahan emosional dan perilaku terhadap lingkungan sekitar. Temuan dalam penelitian ini ialah penting bagi guru untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa dan menyesuaiakan rancangan pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa. Siswa ADHD dalam penelitian ini memiliki gaya belajar kinestetik. Sehingga guru mencoba melukan atau mendesain pembelajaran outdoor serta pembelajaran kooperatif yang dinamika langkahnya akan didiskusikan lebih lanjut.


Keywords


ADHD; auditori; gaya belajar; kinestetik

slot online slot gacor slot