Last modified: 2023-09-14
Abstract
Kepemimpinan di Sekolah merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi peekembangan Sekolah Katolik. Bagaimana kepemimpinan bercorak Katolik diimplementasikan di Sekolah Katolik zaman sekarang? Dengan menggunakan kerangka teori Interpretatif Analysis Phenomenology, penelitian kuakitatif ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman kepala sekolah di Sekolah Eksperimental Mangunan dalam mengimplementasikan kepemimpinan yang melayani, membimbing dengan semangat pengorbanan dan melaksanakan tanggungjawab kepemimpinan. Pemikiran Antony D'zuosa tentang kepemimpinan Kristiani menjadi kerangka teori untuk merumuskan instrumen pertanyaan yang digunakan untuk menggali data melalui format google form. Pemikiran Antony D'zousa juga digunakan sebagai kerangka analisis data-data yang ditemukan untuk menemukan makna pelaksanaan kepemimpinan Kristiani. Subjek penelitian adalah 3 kepala Sekolah Eksperimental Mangunan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemimpin yang berkarakter melayani, membimbing dengan semangat pengorbanan dan melaksanakan tanggungjawab dengan tekun dan terencana memberi dampak signifikan bagi dinamika sekolah yang terus berinovasi dan berkreasi di tengah situasi zaman yang berkembang pesat.