Font Size:
Menghadirkan Materi Gender-Fair pada Buku Teks Pembelajaran Sejarah: Mungkinkah?
Last modified: 2023-09-14
Abstract
Adanya buku paket sejarah yang bersifat gender-fair dinilai akan mendukung terciptanya pembelajaran sejarah yang mengarah pada kesetaraan gender. Akan tetapi, sebagai sebuah disiplin, sejarah kemungkinan memiliki hal yang dapat mempengaruhi ketercapaian kriteria materi gender-fair tersebut. Berangkat dari keadaan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana materi yang bersifat gender-fair dapat tercapai pada buku teks pembelajaran sejarah. Guna menjawab hal tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi dokumen dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian kriteria gender-fair pada buku teks pembelajaran sejarah pada dasarnya banyak bergantung pada ketersediaan sumber sejarah. Selain itu, arahan kurikulum juga dinilai menjadi salah satu poin yang mempengaruhi, tapi tidak menentukan. Simpulannya, menghadirkan materi yang bersifat gender-fair pada buku teks pembelajaran sejarah bisa dilakukan namun tidak selalu dapat tercapai sepenuhnya.
Keywords
buku teks pembelajaran sejarah, kesetaraan gender, sejarah perempuan