Open Conference Systems, Seminar Nasional Sosial dan Humaniora

Font Size: 
PENGEMBANGAN PROTOYPE MEDIA PEMBELAJARAN PIZZA SKITTLE MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR
Anggita Dwi Puspitasari, Christyanti Aprinastuti

Last modified: 2023-09-14

Abstract


Abstrak

Materi pecahan pada mata pelajaran matematika adalah materi yang dipelajari secara bertahap sejak kelas bawah sekolah dasar. Melalui wawancara dengan guru kelas 2 SDN Bohol Rongkop, guru menyampaikan bahwa capaian pembelajaran siswa di materi pecahan cukup rendah. Hal tersebut diakibatkan dari fase perkembangan siswa kelas 2 yang belum memiliki kemampuan abstraksi serta minimnya ketersediaan media pembelajaran yang dapat digunakan siswa untuk memahami materi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun media pembelajaran konvensional pada materi matematika pecahan kelas 2 sekolah dasar. Konsep media pembelajaran yang akan dibangun adalah menggunakan konsep media montessori skittle dengan sedikit pengembangan dalam bentuk ataupun cara penggunaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (RnD) dengan model penelitian ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SDN Bohol Rongkop pengembangan media pembelajaran materi pecahan “Pizza Skittle” yang dikembangkan dengan model penelitian ADDIE, siswa aktif dan merasa senang dalam menggunakannya pada kegiatan belajar.

 

Kata kunci: matematika, pecahan, pizza skittle

Abstract

Fraction in maths subject is one of the materials that is learned gradually since the lower class of elementary school. Through an interview with grade two’s teacher classroom of SDN Bohol Rongkop, some of students were not able to understand fractions well. On another occasion through an interview with grade two teacher team, they said that the achievement in fractions was quite low. This is the result of the stage of development of grade two students who do not yet have abstraction abilities and also the lack availability of learning media that can help students to understand the material. Therefore, this research is aim to build fraction conventional learning media for grade two elementary school. The concept of this learning media is using the montessori skittle media but with a little development in the form or way to use. The method that used in this research is Research and Development (RnD) with research model ADDIE. From the research that has been done in SDN Bohol Rongkop, development media on fractions named “Pizza Skittle” that has developed with research model ADDIE, students are active and happy during use the media on the learning activity.

Keywords: mathematic, fraction, pizza skittle


Keywords


mathematic, fraction, pizza skittle