Last modified: 2023-09-14
Abstract
Penelitian tentang model komitmen afektif di bidang pendidikan tinggi masih terbatas. Beberapa studi menunjukkan anteseden komitmen afektif dalam perspektif personal belum konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan self knowledge dengan kepemimpinan autentik sebagai mediator dalam memengaruhi komitmen afektif dosen. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori determinasi diri (SDT) untuk menjelaskan self knowledge terhadap kepemimpinan autentik. Subjek penelitian ini ada dosen perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala komitmen afektif, skala self knowledge dan skala kepemimpinan autentik. Hasil menunjukkan bahwa kepemimpinan autentik berperan menjadi mediator hubungan self knowledge terhadap komitmen afektif. self knowledge Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan autentik dapat menjadi mediator model komitmen afektif dosen.
Kata kunci : kepemimpinan autentik, komitmen afektif, self knowledge
Research on the affective commitment model in higher education is still limited. Several studies show that the antecedents of affective commitment from a personal perspective are inconsistent. This study aims to examine the role of self-knowledge with authentic leadership as a mediator in influencing lecturers' affective commitment. This study uses the theory of self-determination (SDT) to explain self-knowledge of authentic leadership. The subject of this research is a lecturer at a private university in Yogyakarta. Data was collected using the affective commitment scale, self knowledge scale and authentic leadership scale. The results show that authentic leadership acts as a mediator between self-knowledge and affective commitment. The implications of this research show that authentic leadership can be a mediator of the lecturer's affective commitment model.
Keywords: authentic leadership, affective commitment, self knowledge