Open Conference Systems, Seminar Nasional Sosial dan Humaniora

Font Size: 
ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE BIDANG LITERASI DAN NUMERASI GURU SD KELAS 1 KABUPATEN ASMAT BEBASIS PENDEKATAN ETNOPEDAGOGI
Dewa Putu Wiadnyana Putra, Johanes Baptis Judha Jiwangga

Last modified: 2023-09-14

Abstract


Kompetensi PCK guru-guru SD pada kelas bawah pada bidang literasi dan numerasi di Kabupaten Asmat, Papua Selatan menjadi perhatian khusus dalam pengembangan kemampuan calistung. Tujuan penelitian ini yaitu 1) menganalisis kompetensi PCK Guru SD kelas 1 bidang Literasi dan Numerasi dan 2) mendeskripsikan tantangan-tantangan guru dalam pembelajaran literasi dan numerasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah 17 guru SD kelas 1 di Kabupaten Asmat yang berasal dari 5 Distrik. Adapun tahapan dalam penelitian ini yaitu 1) pendampingan guru dalam peningkatan kompetensi literasi dan numerasi dengan pendekatan Etno-Pedagogi, 2) monitoring, evaluasi, dan refleksi PCK guru dalam bidang literasi dan numerasi. Instrumen penelitian ini adalah tes literasi dan numerasi untuk guru, lembar pengamatan pembelajaran, dan lembar refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketercapaian content knowledge guru bidang literasi yaitu 48,44% dan numerasi yaitu 41,33%. Pedagogical knowledge guru masih terbatas dalam penyampaian instruksi pembelajaran yang bersifat prosedural di dalam kelas. Pengetahuan tentang perumusan tujuan pembelajaran dalam ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif tergolong masih rendah. Implementasi pembelajaran kontekstual dalam kelas perlu pembiasaan agar pembelajaran menjadi lebih bermakna. Tantangan guru dalam pembelajaran adalah mengintegrasikan kompetensi PCK dengan konteks pembelajaran yang relevan dengan peserta didik di Kabupaten Asmat.

Keywords


etnopedagogi; kontekstual; literasi; numerasi; PCK