Last modified: 2023-09-14
Abstract
Di tengah berbagai tindakan perusakan bumi yang mengakibatkan krisis lingkungan hidup, berbagai lembaga pendidikan yang mempraktikkan pendidikan ekologi perlu diapresiasi. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik pendidikan lingkungan hidup di Sekolah Dasar Prenthaler, Kulon Progo. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan 3 guru. Pemikiran Sallie McFague tentang merawat bumi digunakan sebagai kerangka analisis data. Penelitian ini menghasilkan data bahwa pembiasaan merawat bumi menumbuhkan sikap bersetiakawan dan peduli. Mereka memiliki pembiasaan peduli merawat bumi dalam hidup sehari-hari. Para siswa mengenal berbagai jenis tanaman dan manfaat tanaman tersebut bagi hidup manusia. Para guru dan siswa saling membantu untuk menenam sayur, memelihara kambing yang menghasilkan pupuk organik, menjelaskan berbagai jenis tanamah sayuran kepada para tamu yang berkunjung ke Sekolah dan menjual hasil tanaman untuk mencukupi kebutuhan sekolah.