USD Conference Systems, Seminar Nasional Sosial dan Humaniora

Font Size: 
PENGEMBANGAN AKTIVITAS KELAS DESMOS BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X
Jeane Maya Parinding, Yosafat Gilar Prastowo, Maria Anjelina Agho, Niluh Sulistyani

Last modified: 2023-06-14

Abstract


Desmos merupakan salah satu media yang dapat digunakan sebagai pilihan dalam pembelajaran matematika yang dapat diakses secara luas dan gratis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital yang valid dan praktis berupa Aktivitas Kelas Desmos yang dirancang berdasarkan teori Polya pada materi trigonometri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research tipe development studies, yang terdiri atas dua tahap, yaitu prelimininary design dan formative evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi penyebaran kuesioner dan uji validitas. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X SMA Santa Maria Yogyakarta. Hasil penelitian pada pengembangan Aktivitas Kelas Desmos menunjukan kevalidan dengan rata-rata persentase sebesar 83,25% dengan kriteria valid berdasarkan komentar ahli pada tahapan expert review dan one-to-one. Selanjutnya, implementasi Aktivitas Kelas Desmos pada tahap small grup menunjukan hasil presentase 70,85% yang masuk dalam kriteria praktis berdasarkan rentang nilai kepraktisan yang digunakan.

Keywords


aktivitas kelas desmos, design research, teori polya, trigonoetri

slot online slot gacor slot