Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sosial dan Humaniora 2023

Font Size: 
MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS II SD NEGERI MAGUWOHARJO
Fadilah Hasti Cahyaningtyas

Last modified: 2023-09-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika di kelas II SD Negeri Maguwoharjo 1 dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem Siklus yang terdiri dari perencanaa, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui pemahaman konsep Matematika. Hasil penelitian menunjukan adaya peningkatan presentase dari penilaian pemahaman hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Maguwoharjo 1 Kabupaten Sleman. Peningkatan pemahaman konsep pada pembelajaran Matematika diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II yang menunjukan penngkatan nilai rata-rata dan presentase ketuntasan secara klasikal. Rata-rata nilai siswa pembelajaran Matematika pada kondisi awal (pra-siklus) 61 dengan ketuntasan klasikal sebesar 36% dengan jumlah 8 siswa. Siklus Isebesar72denganketuntasanklasikal57%denganjumlah15siswa..Siklus II sebesar 81 dengan ketuntasan klasikal 86% dengan jumlah 25 siswa