Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sains dan Teknologi 2022

Font Size: 
PENGARUH E-LEARNING, MOTIVASI BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
Marcellino Alvin Afiyanto, Kurnia Martikasari

Last modified: 2022-10-10

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh e-learning, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori yang dilaksanakan di
SMA Stella Duce 2 Yogyakarta pada bulan Mei-Juni 2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Stella Duce 2 Yogyakarta sebanyak 67 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan bantuan google form. Teknik analisis data dengan analisis regresi berganda.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) e-learning, motivasi belajar, dan kemandirian belajar dapat menjadi prediktor faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa; (2) e-learning berpengaruh terhadap hasil belajar; (3) motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar; dan (4) kemandirian belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar.

 


Keywords


e-learning, hasil belajar, kemandirian belajar, dan motivasi belajar