Open Conference Systems, Seminar Nasional Filsafat 2025

Font Size: 
Integrasi Nilai-Nilai Etis Keberlanjutan dalam Bingkai Aliran Filsafat Pendidikan Humanisme bagi Pengembangan Perguruan Tinggi di Indonesia
Yoseph Jatmiko Putra Sang Sabdo

Last modified: 2025-10-15

Abstract


Abstrak

Perguruan tinggi di Indonesia menghadapi tantangan global berupa krisis lingkungan, ketidakadilan sosial, dan tuntutan pembangunan berkelanjutan. Perguruan tinggi tidak hanya dituntut menghasilkan lulusan yang kompetitif, tetapi juga pribadi berkarakter, bertanggung jawab moral, dan peduli terhadap keberlanjutan. Filsafat pendidikan humanisme memberikan kerangka etis yang menempatkan martabat manusia dan potensi individu sebagai pusat, sekaligus mengintegrasikan nilai-nilai kebebasan, tanggung jawab, solidaritas, serta kepedulian ekologis. Penelitian ini bertujuan menganalisis integrasi nilai-nilai etis keberlanjutan dalam perspektif humanisme pendidikan serta kontribusinya bagi pengembangan perguruan tinggi. Melalui studi literatur kualitatif, ditemukan bahwa sinergi antara humanisme dan etika keberlanjutan mendorong perguruan tinggi merancang kurikulum humanis-ekologis, membangun budaya akademik partisipatif, dan menciptakan model kepemimpinan berorientasi keberlanjutan. Hasil pembahasan menegaskan bahwa integrasi ini relevan secara teoretis dan aplikatif, sehingga filsafat pendidikan humanisme dapat menjadi fondasi normatif bagi peran strategis perguruan tinggi sebagai agen transformasi menuju masyarakat yang adil, beradab, dan berkelanjutan.

Kata Kunci: Humanisme; Filsafat Pendidikan; Etika Keberlanjutan; Perguruan Tinggi; Transformasi Pendidikan.

Abstract

Higher education in Indonesia is challenged by global issues such as environmental crises, social inequality, and the demand for sustainable development. Universities are expected not only to produce academically competent graduates but also individuals with strong character, moral responsibility, and ecological awareness. The philosophy of educational humanism provides an ethical framework that places human dignity and individual potential at the center, while integrating values of freedom, responsibility, solidarity, and care for the environment. This study aims to analyze the integration of sustainability ethics within the perspective of educational humanism and its contribution to the development of higher education. Through a qualitative literature review, the findings indicate that the synergy between humanism and sustainability encourages universities to design humanist-ecological curricula, foster participatory academic culture, and establish leadership models oriented toward long-term sustainability. The discussion highlights that this integration is both theoretically relevant and practically applicable, positioning higher education as a transformative agent for a just, civilized, and sustainable society.

Keyword: Humanism; Philosophy of Education; Sustainability Ethics; Higher Education; Educational Transformation.


Keywords


Humanism; Philosophy of Education; Sustainability Ethics; Higher Education; Educational Transformation.