Last modified: 2023-10-17
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dan motivasi belajar pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 SMK Negeri 1 Pangkalan Bun dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Maret 2023. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI AKL 2 di SMK Negeri 1 Pangkalan Bun tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dilaksanakan dalam satu pertemuan kemudian pada siklus kedua dilaksanakan dalam dua pertemuan yang setiap siklusnya memiliki tahapan yakni: Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, observasi untuk pembelajaran dan motivasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah kelas XI AKL 2: (1) Meningkatkan pemahaman peserta didik ditandai dengan meningkatnya rerata skor post test dari skor pre test baik pada siklus 1 maupun siklus 2; (2) meningkatkan motivasi belajar peserta didik ditandai dengan meningkatnya rerata skor motivasi sebelum dan sesudah penerapan.