USD Conference Systems, Seminar Nasional Seni dan Budaya

Font Size: 
KELAS CYBORG: MENGINTIP WACANA DI DALAM RUANG KELAS
Yohanes Marino

Last modified: 2023-10-20

Abstract


Cybernetics Organism / Cyborg sudah hadir di realitas kita sehari-hari. Ketergantungan dan ketidakterpisahan manusia modern dengan teknologi telah membentuk kita menjadi makhluk pasca-manusia atau cyborg itu sendiri. Konstruksi baru ini membawa konsekuensi besar dalam tatanan kehidupan manusia modern, seperti perubahan diskursus politik, ekonomi, dan pendidikan. Ruang-ruang kelas pun tidak terhindar dari dampak konstruksi pasca-manusia ini dan perubahan pun diperlukan untuk mengakomodasi tugas dan tujuannya sebagai senuah ruang yang signifikan untuk pengembangan masyarakat. Artikel ini bertujuan menyelidiki bagaimana dan seberapa signifikan paradigma pasca-manusia ini membentuk dan mengubah ruang-ruang kelas, termasuk perjalanan subjek di dalamnya untuk melihat bagaimana diskursus selama ini berjalan. Analisa wacana dari perspektif Lacanian digunakan di dalam studi ini untuk menelusuri hasil pendidikan yang ada selama ini dan merumuskan proses pengakomodasian ruang kelas dalam menghadapi paradigma pasca-manusia untuk membantu menapaki masa depan pendidikan yang senantiasa tanggap situasi.


Keywords


cyborg; analisa wacana Lacanian; pasca-manusia; ruang kelas.

slot online slot gacor slot