Font Size:
PENGEMBANGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI CANDI RATU BOKO BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN MATHCITYMAP UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH
Last modified: 2023-10-20
Abstract
Rencana membelajarkan materi pembelajaran dengan mengaitkan kehidupan kontekstual dapat menjadi lebih efektif. Melalui hal tersebut, guru dapat berperan sebagai fasilitator dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memecahkan permasalahan yang dihadapinya sendiri melalui pengalaman yang telah dimiliki sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dengan menggunakan aplikasi mathcitymap. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, peneliti melihat bahwa Candi Ratu Boko memiliki unsur geometri yang dapat dikaitkan dengan etnomatematika khususnya pada materi bangun datar. Berdasarkan hal tersebut materi aktivitas yang dikembangkan melalui mathcitymap adalah materi bangun datar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun penelitian ini tidak melakukan tahap implementasi dengan melakukan uji coba aktivitas pembelajaran yang telah dibuat kepada siswa. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu selama melaksanakan penelitian. Sehingga penelitian ini hanya melakukan tahapan ADDE dan proses uji coba hanya dilakukan dengan teman sejawat. Instrumen evaluasi validasi yang digunakan peneliti yaitu kesesuaian tugas yang dikembangkan dengan indikator kompetensi yang akan dicapai, ketepatan perintah (bahasa) yang digunakan, perangkat pengerjaan (waktu, alat yang disarankan, petunjuk pengerjaan), dan rubrik penilaian. Hasil peroleh evaluasi validasi yang dilakukan oleh teman sejawat memiliki rata-rata 3,22 yaitu berada pada interval penilaian dengan kriteria cukup.
Keywords
Kemampuan Pemecahan masalah, Etnomatematika, MathCityMap