Last modified: 2023-10-24
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika konsep bangunĀ datar berbasis kearifan lokal Suku Asmat untuk siswa kelas III dan mengetahui kualitas modul yang dikembangkan. Pengembangan ini dilakukan untuk mendapatkan solusi dari masalah kurangnya bahan ajar berupa modul yang berbasis konteks kearifan lokal Papua Suku Asmat sehingga mempermudah siswa dalam memahami materi. Dalam pengembangannya, penelitian ini menggunakan ADDIE, ada pun tahapan ADDIE yaitu dimulai dari tahap analyze yaitu mengumpulkan informasi kebutuhan melalui wawancara, tahap design berupa perancangan produk, tahap develop berupa pengembangan produk melalui angket uji validasi produk oleh ahli, kemudian tahap implement berupa tes uji coba terbatas produk, dan tahap akhir evalute untuk mengetahui kualitas modul dari hasil tes evaluasi sumatif yang sudah diperoleh. Hasil dari respon angket yang diberikan pada dosen dan guru untuk menguji validasi produk dalam tahap implement diperoleh kriteria valid dan layak digunakan dengan rata-rata 81,25 dan 75. Selain itu, temuan juga menunjukkan bahwa hasil analisis data uji coba terbatas yang telah dilakukan diperoleh rata-rata akhir nilai akhir siswa yaitu 87,5 yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik sekali, maka dapat disimpulkan bahwa modul yang telah dikembangkan memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.