USD Conference Systems, Seminar Nasional Seni dan Budaya

Font Size: 
PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DI SMK NEGERI 2 DEPOK
Verenita Hadiah, Sebastianus Widanarto Prijowuntato

Last modified: 2023-11-05

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan karakter peserta didik melalui Profil Pelajar Pancasila yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta. Penelitian ini menyoroti tentang ciri utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pengembangan karakter siswa dan tahapan-tahapannya.

Penelitian merupakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dilakukan pada bulan Mei-Juni 2023. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman (2014) yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, guru, dan peserta didik di SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karakter peserta didik yang ada di SMA Negeri 2 Depok mencakup pendidikan nilai, teladan, pembiasaan, serta pengembangan sikap toleransi dan menghargai perbedaan. Keempat aspek tersebut merupakan tolok ukur bagi sekolah dalam mengembangkan karakter peserta didik. Pengembangan nilai-nilai Pancasila dilakukan secara sistematis dan terstruktur. Dalam hal ini, peran guru sangat penting dalam memberikan suri teladan pada peserta didik. Guru juga mengembangkan karakter siswa melalui pembelajaran di kelas.


Keywords


Pembentukan karakter, tahap-tahap pembentukan karakter, Profil Pelajar Pancasila

slot online slot gacor slot