USD Conference Systems, Seminar Nasional Seni dan Budaya

Font Size: 
PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X DENGAN MODEL PBL MELALUI PENDEKATAN CRT
Lia Wuryan Driyani, Triatmanto Triatmanto, Suyadi Suyadi

Last modified: 2023-10-30

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasihan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasihan yang berjumlah 33 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket respon kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan siklus I yang menunjukkan persentase hasil observasi sebesar 67%, dan siklus II menunjukkan persentase 76%. Berdasarkan hasil angket responden kemandirian belajar siswa siklus I menunjukkan persentase sebesar 76% dan siklus II sebesar 78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL melalui pendekatan CRT dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.


Keywords


Learning Independence, Problem Based Learning

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor