USD Conference Systems, Seminar Nasional Seni dan Budaya

Font Size: 
PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X DENGAN MODEL PBL MELALUI PENDEKATAN CRT
Lia Wuryan Driyani, Triatmanto Triatmanto, Suyadi Suyadi

Last modified: 2023-10-30

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasihan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasihan yang berjumlah 33 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket respon kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan siklus I yang menunjukkan persentase hasil observasi sebesar 67%, dan siklus II menunjukkan persentase 76%. Berdasarkan hasil angket responden kemandirian belajar siswa siklus I menunjukkan persentase sebesar 76% dan siklus II sebesar 78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL melalui pendekatan CRT dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.


Keywords


Learning Independence, Problem Based Learning

slot online slot gacor slot