Last modified: 2023-06-05
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan dimana hasil belajar dan sikap kerjasama yang dimiliki peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT), dan 2) Meningkatkan sikap kerjasama peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian (classroom action research) tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian ini melibatkan 22 peserta didik kelas I SD Kanisius Babadan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian yang sudah dilakukan yaitu pada siklus I sikap kerjasama peserta didik mencapai nilai 70,00% (kategori tinggi) dan hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata 80. Setelah dilakukan perbaikan oleh guru berupa memberikan penguatan kepada peserta didik agar saling bekerjasama, mendorong peserta didik untuk lebih menghargai teman kelompoknya, memotivasi peserta didik untuk saling menerima teman lain dan guru lebih intensif dalam membimbing siswa, pada siklus II dapat meningkatkan sikap kerjasama peserta didik menjadi 90,28% (kategori sangat tinggi) dan hasil belajar rata-rata menjadi 87.
Kata kunci: Hasil belajar, kerjasama, number head together.