Font Size:
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS III MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Last modified: 2023-06-05
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik di kelas III Humanis SD Joannes Bosco Yogyakarta dalam mata pelajaran PPKn dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan melalui dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III Humanis SD Joannes Bosco Yogyakarta yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner, dan observasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskrptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas III Humanis SD Joannes Bosco Yogyakarta meningkat setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran PPKn. Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik terbukti dari skor rata-rata prasiklus sebesar 65,07% menjadi 74,42% pada siklus I dan meningkat menjadi 81,74% pada siklus II. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat terbukti dari skor rata-rata prasiklus sebesar 73 menjadi 85 pada siklus I dan meningkat menjadi 93 pada siklus II.
Keywords
hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, Problem Based Learning (PBL)