Last modified: 2023-06-05
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran aktivitas selama pembelajaran, dan reaksi siswa setelah pembelajaran Bahasa Indonesia materi jenis-jenis cerita fiksi melalui penerapan model pembelajaran Problem base Learning (PBL) berbasis Comptational Thinking (CT). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain penelitian one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan satu siklus dimana pelaksanaannya disesuaikan dengan materi jenis-jenis cerita fiksi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Kanisuis Babadan pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumah 20 siswa. Ketuntasan belajar siswa tercapai sangat baik dengan memperoleh presentase sebesar 85%, kemampuan guru masuk dalam kriteria baik dengan perolehan presentase 92%, presentase aktivitas siswa memperoleh 98%, dan untuk hasil respon siswa masuk kriteria baik dengan perolehan presentase rata-rata akivitas siswa sebesar 88%.
Kata kunci: Computational thinking, Problem Based Learning, one-shot case study, Bahasa Indonesia.