Last modified: 2023-06-07
Abstract
Guru sebagai ujung tombak proses pendidikan menghadapi berbagai tantangan dalam proses belajar mengajar selama pandemi hingga pasca pandemi Covid-19. Penyesuaian proses belajar mengajar dan perubahan kurikulum merupakan beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh guru. Grit merupakan kemampuan untuk tekun dan konsisten dalam menghadapi berbagai tantangan. Grit terdiri dari dua dimensi, yaitu konsistensi pada minat (consistency of interest) dan ketekunan terhadap usaha (perseverance of effort). Grit diperlukan oleh guru untuk menjaga ketekunan terhadap usaha dan konsistensi minatnya dalam mengajar sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan Grit pada guru adalah dengan melakukan pelatihan Mindfulness. Pelatihan Mindfulness diberikan kepada 15 guru di SMK X dalam bentuk aktivitas seperti pemberian materi, menyaksikan video, diskusi kelompok, sharing, metafora dan meditasi. Hasilnya pelatihan Mindfulness yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan Grit pada guru. Hal tersebut dilihat dari pengukuran melalui kuesioner yang diisi sebelum dan sesudah mendapat pelatihan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan Mindfulness efektif untuk meningkatkan Grit pada guru.