Font Size:
PENGEMBANGAN PERMASALAHAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Last modified: 2023-06-05
Abstract
Permasalahan kontekstual merupakan masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam belajar suatu materi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permasalahan kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar yang valid dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian design research tipe development studies dengan dua tahapan yaitu preliminary evaluation dan formative evaluation (one two one /validasi ke guru). Pada tahap preliminary evaluation, peneliti mengumpulkan informasi terkait materi pembelajaran, kurikulum pembelajaran, dan kendala yang dihadapi siswa. Selanjutnya peneliti mendesain permasalahan kontekstual berdasarkan kesulitan atau masalah yang ditemukan pada siswa. Pada tahap formative evaluation, dilakukan evaluasi oleh peneliti terkait permasalahan kontekstual yang sudah disusun, validasi soal kontekstual oleh guru mata pelajaran, pelaksanaan one-two-one, revisi berdasarkan validasi oleh guru dan hasil one-two-one, pelaksanaan small group, pelaksanaan field test dan evaluasi field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah data hasil tes, lembar validasi, lembar angket dalam bentuk google formulir yang diberikan kepada siswa. Berdasarkan pelaksanaan one to one, small group, field test dan hasil validasi oleh satu ahli, maka permasalahan kontekstual dengan materi bangun ruang sisi datar valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk memahami materi tersebut.
Keywords
Permasalahan Kontekstual, Bangun Ruang Sisi Datar, Preliminary Evaluation, Formatif Evaluation