Last modified: 2023-06-05
Abstract
Penelitian tentang model komitmen afektif di bidang pendidikan tinggi masih terbatas. Beberapa studi menunjukkan anteseden komitmen afektif dalam perspektif personal belum konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model komitmen afektif, self knowledge dengan kepemimpinan autentik sebagai mediator. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori determinasi diri (SDT) untuk menjelaskan self knowledge terhadap kepemimpinan autentik. Subjek penelitian ini ada dosen perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan electronic devices dan skala kepemimpinan autentik (versi ALI), skala Self KnowledgeS dan Skala Komitmen Afektif. Hasil menunjukkan bahwa kepemimpinan autentik berperan menjadi mediator hubungan self knowledge terhadap komitmen afektif. Variabel self knowledge (0,046). Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan autentik dapat menjadi mediator model komitmen afektif dosen.