Last modified: 2023-09-14
Abstract
Model pembelajaran memiliki peran penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemilihan model pembelajaran yang diterapkan pendidik dapat memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter, pengetahuan serta hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang dianggap banyak memberi pengaruh positif dalam kegiatan belajar mengajar dewasa ini adalah model pembelajaran konvensional metode ceramah dan model pembelajaran project karena dianggap cukup mudah dalam penerapannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional metode ceramah dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran project based learning. Artikel ini ditulis dengan menerapkan metode systematic literature review (SLR), menggunakan sumber yang diperoleh dari google scholar dengan kurun waktu 5 tahun terakhir terkait dengan penerapan model pembelajaran konvensional metode ceramah dan model pembelajaran project pada jenjang SMK. Hasil yang didapatkan yaitu masing-masing model pembelajaran yang diterapkan dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan peserta didik. Maka perlu diperhatikan pemilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan agar pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif, efisien serta memenuhi tujuan pembelajaran.