Last modified: 2023-09-14
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas III Natural SD Joannes Bosco Yogyakarta dalam pembelajaran PPKn melalui penerapan model Problem based learning. Hal ini dilatarbelakangi kurangnya motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III Natural yang berjumlah 22. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, skala, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar PPKn peserta didik kelas III Natural mengalami peningkatan melalui penerapan model problem-based learning. Hal ini dilihat dari persentase pra siklus motivasi belajar peserta didik sebesar 68,18%, siklus I sebesar 76,30%, dan siklus II sebesar 85,11%. Selain itu, persentase pra siklus hasil belajar peserta didik yang mengalami ketuntasan sebesar 50%, siklus I sebesar 69%, dan siklus II sebesar 87%. Dengan demikian, pembelajaran PPKn kelas III Natural SD Joannes Bosco Yogyakarta melalui penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik.