Last modified: 2023-09-14
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas VII D SMP N 1 Yogyakarta melalui penerapan model Project Based Learning tahun pelajaran 2022/2023 pada materi statistika. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII D SMP N 1 Yogyakarta sebanyak 32 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan subjek pelaku tindakan ialah guru matematika SMPN 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, observasi dan dokumentasi.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklus terdapat: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII D SMP N 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2022/2023. Hasil dari penelitian diperoleh rata-rata hasil tes siswa pada siklus I dan siklus II terdapat peningkatan dimana pada siklus I rata-rata nya 75,16% dan pada siklus II rata-rata nya 84,69%.