USD Conference Systems, Seminar Nasional Sosial dan Humaniora

Font Size: 
MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI STATISTIKA
Endah Saraswati, Katarina Ciesa Maharani Wardoyo, Veronika Jaga Liko, Sri Prihatin Hartati, Haniek Sri Pratini

Last modified: 2023-09-14

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas VII D SMP N 1 Yogyakarta melalui penerapan model Project Based Learning tahun pelajaran 2022/2023 pada materi statistika. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII D SMP N 1 Yogyakarta sebanyak 32 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan subjek pelaku tindakan ialah guru matematika SMPN 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, observasi dan dokumentasi.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklus terdapat: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII D SMP N 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2022/2023. Hasil dari penelitian diperoleh rata-rata hasil tes siswa pada siklus I dan siklus II terdapat peningkatan dimana pada siklus I rata-rata nya 75,16%  dan pada siklus II rata-rata nya 84,69%.


Keywords


materi statistika, minat belajar, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, project based learning

slot online slot gacor slot