USD Conference Systems, Seminar Nasional Sosial dan Humaniora

Font Size: 
Peningkatan Hasil Belajar dan Kerjasama Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) di Kelas I SD Kanisius Babadan
Fransiscus Xaverius Dedes Afriyanto, Rico Baskara Putra, Brigida Intan Printina

Last modified: 2023-09-14

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan dimana hasil belajar dan sikap kerja sama yang dimiliki peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT), dan 2) Meningkatkan sikap kerja sama peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian (classroom action research) tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian ini melibatkan 22 peserta didik kelas I SD Kanisius Babadan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif komparatif. Hasil penelitian yang sudah dilakukan yaitu pada siklus I sikap kerja sama peserta didik mencapai nilai 73% (kategori sedang) dan hasil belajar peserta didik mencapai nilai rata-rata 80. Setelah dilakukan perbaikan oleh guru berupa memberikan penguatan kepada peserta didik agar saling bekerja sama, mendorong peserta didik untuk lebih menghargai teman kelompoknya, memotivasi peserta didik untuk saling menerima teman lain dan guru lebih intensif dalam membimbing peserta didik, pada siklus II dapat meningkatkan sikap kerja sama peserta didik menjadi 91% (kategori sangat tinggi) dan hasil belajar rata-rata menjadi 87.

slot online slot gacor slot