Font Size:
PENERAPAN PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS III MATERI HAK DAN KEWAJIBAN DI SEKOLAH
Last modified: 2023-09-14
Abstract
Pendidikan di Indonesia saat ini telah menerapkan model pembelajaran abad 21. Salah satu kompetensi yang diharapkan adalah kemampuan pemecahan masalah. Terdapat salah satu pendekatan pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir yaitu pendekatan computational thinking (CT). Pendekatan CT merupakan kemampuan berpikir untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penerapan pendekatan CT dalam pembelajaran PPKn kelas 3 materi hak dan kewajiban di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menganalisis data hasil belajar, respon siswa, dan hasil pengamatan kegiatan pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis, angket, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CT pada siswa kelas 3 telah berhasil dilaksanakan dengan kategori sangat baik. Siswa mampu berpikir secara komputasional untuk memecahkan masalah dengan menerapkan dua fondasi CT yaitu pengenalan pola dan abstraksi.
Keywords
computational thinking, ppkn, hak dan kewajiban