Last modified: 2022-09-30
Abstract
Pandemi covid-19 membuat perubahan dan adaptasi dalam bidang pendidikan. Hasil analisis kebutuhan menunjukan bahwa peserta didik kesulitan dalam mengikuti pembelajaran daring karena terkendala sinyal dan kuota yang terbatas. Terbatasnya media dalam proses pembelajaran membuat guru kesulitan dalam menyampaikan materi. Salah satu materi yang dirasa sulit yaitu materi genetika kelas XII. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan produk E-Modul berbasis website pada materi genetika kelas XII. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan model Borg and Gall. Tahapan dari penelitian ini yaitu: analisis kebutuhan di lima sekolah berbeda, pengumpulan data, desain E-Modul dengan bantuan canva, validasi oleh dosen ahli media, dosen ahli materi, dan dua guru biologi SMA, serta revisi produk. E-Modul berisi halaman cover, petunjuk penggunaan, menu informasi, menu peta konsep, menu pendahuluan, menu materi, menu evaluasi, dan menu tentang profil penulis. Berdasarkan hasil validasi, kelayakan produk E-Modul masuk kategori sangat layak dengan perolehan persentase validasi materi sebesar 88,8%, persentase validasi media sebesar 97,2% dan rata-rata akhir produk yaitu 93%.