Last modified: 2022-09-25
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar untuk Project Based Learning berbasis Kajian etno-STEM pada proses pembuatan batik kawung di Yogyakarta dan mengetahui kelayakan bahan ajar dengan model pembelajaran project based learning berbasis kajian Etno-STEM pada proses pembuatan batik kawung di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Implementasi dilakukan terbatas pada siswa SMP pada satu kelas. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah bahan ajar berupa modul dengan aktivitas berupa proyek untuk mengajarkan mata pelajaran yang saling terintegrasi menjadi STEM (science, technology, engineering, dan mathematics). Modul dibuat untuk guru dan untuk siswa berisikan langkah aktivitas pembelajaran berbasis proyek dengan durasi tiga pertemuan. Konteks dalam proyek yang dibuat adalah proses pembuatan batik kawung di Yogyakarta, siswa akan diminta menghasilkan suatu produk berupa desain batik kawung yang dibuat secara berkelompok. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum merdeka. Bahan ajar yang dihasilkan dinyatakan valid berdasarkan validasi dari ahli yaitu dosen program studi pendidikan matematika serta dinyatakan layak yang ditinjau dari keefektifannya berdasarkan penilaian keefektifan bahan ajar oleh guru SMP.