Last modified: 2022-09-24
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi dalam pengembangan media pembelajaran semakin pesat selama pandemi COVID-19. Sebanyak 7 SMA di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman membutuhkan media yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik pada situasi blended learning khususnya pada materi bakteri yang membutuhkan konsep dasar dan pemahaman yang tinggi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis website berbantuan iSpring Suite 9 pada materi bakteri kelas X dan mengetahui tingkat validitasnya.
Metode penelitian yang dilakukan adalah research and development (R&D) model ADDIE. Tahap penelitian meliputi analisis, design, dan development. Jenis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data survei kebutuhan dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data validasi dianalisis secara kuantitatif untuk mengetahui tingkat validitas media pembelajaran.
Media pembelajaran memuat materi, video pembelajaran, LKPD, dan evaluasi untuk 4 pertemuan. Media dapat diakses pada https://theresiaaprodita.itch.io/bakteri. Hasil uji validitas materi 91% sedangkan media 92,73%. Tingkat validitas materi dan media termasuk kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validasi, media pembelajaran berbasis website berbantuan iSpring Suite 9 pada materi bakteri kelas X dapat digunakan uji coba terbatas sesuai dengan saran validator.
Kata Kunci: media pembelajaran, blended learning, website, bakteri, Research and Development
Kata Kunci: media pembelajaran, blended learning, website, bakteri, Research and Development