Last modified: 2022-09-25
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya referensi guru yang berupa buku aktivitas untuk melatih berpikir komputasional ke anak. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengembangkan buku aktivitas berbasis berpikir komputasional dengan topik Pelajar Pancasila pada anak usia 9-12 tahun, 2) mengetahui rancangan aktivitas menurut indikator berpikir komputasional, dan 3) mengetahui kualitas buku aktivitas berbasis berpikir komputasional dengan topik Pelajar Pancasila pada anak usia 9-12 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Subjek penelitian ini adalah 31 anak yang dilibatkan untuk uji coba produk buku aktivitas. Hasil penelitian ini sebagai berikut, 1) Pengembangan buku aktivitas berbasis berpikir komputasional dengan topik Pelajar Pancasila usia 9-12 tahun menggunakan langkah-langkah ADDIE, meliputi Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. 2) Kualitas rancangan aktivitas memenuhi empat pilar berpikir komputasional yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma. 3) Kualitas buku aktivitas berbasis berpikir komputasional dengan topik Pelajar Pancasila berdasarkan validasi oleh 2 ahli berpikir komputasional dan 1 guru dengan skala 1-4, secara keseluruhan “sangat baik” dengan skor 3.277. Hasil uji coba terbatas berdasarkan lembar refleksi siswa menyatakan 63% anak merasa senang, aktivitas pentas seni dianggap paling mudah oleh 32% anak, sedangkan 38% anak mengangap aktivitas paling sukar adalah menghias panggung.