USD Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KINCIR AIR TEMA 2 SUBTEMA 3 MATERI PERUBAHAN ENERGI PADA SISWA KELAS IV SD KANISIUS KENTENG
Amalia Titisari

Last modified: 2022-09-30

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan alat peraga yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini mengembangkan alat peraga kincir air tema 2 subtema 3 materi perubahan energi pada siswa kelas IV SD Kanisius Kenteng dan mengetahui kualitas alat peraga kincir air tema 2 subtema 3 materi perubahan energi pada siswa kelas IV SD Kanisius Kenteng.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan tipe ADDIE. Subjek penelitian ini adalah sembilan siswa kelas IV SD Kanisius Kenteng tahun ajaran 2021/2022. Objek dalam penelitian ini adalah alat peraga kincir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, wawancara, kuesioner, observasi, dan tes.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) prosedur pengembangan alat peraga kincir air menggunakan langkah ADDIE yaitu, Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate; (2) kualitas alat peraga kincir air memperoleh skor rerata 3,79 masuk dalam kategori “Sangat baik”. Alat peraga kincir air memenuhi delapan karakteristik alat peraga (Carol Nancarrow, 2008) yaitu Growth-Oriented, Transferable, Time-Efficient, Results-Oriented, Essential, Feasible, Engaging, dan Functional. Dengan demikian, disimpulkan bahwa alat peraga kincir air memiliki kualitas sangat baik, layak digunakan untuk siswa kelas IV di SD Kanisius Kenteng.

 


slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor