Last modified: 2022-10-03
Abstract
Perkembangan jaman membawa perubahan dalam kehidupan sehari-hari terlebih mengenai kecakapan yang diperlukan seseorang untuk melakukan aktivitas. Kecakapan tersebut berdampak pada munculnya akivitas yang melibatkan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Dalam Pendidikan juga berdampak pada perubahan kurikulum khususnya mengenai perubahan kurikulum yang digunakan sebagai pedoman proses pembelajaran di sekolah. Pada saat ini kurikulum Indonesia sedang melaksanakan kurikulum merdeka, dimana kurikulum ini merupakan kurikulum pemulihan akibat dampak dari virus covid-19. Selain itu ditemukan permasalahan mengenai kurangnya ketertarikan siswa mengenai budaya disekitarnya. Sehingga peneliti akan mengembangkan bahan ajar yang akan menawarkan solusi dari permasalahan tersebut dengan tujuan (1) Mendeskripsikan pengembangan bahan ajar berbasis etno-STEM pada usaha kerajinan pahatan batu di Muntilan (2) Mengetahui kelayakan hasil produk pengembangan bahan ajar berbasis etno-STEM pada usaha kerajinan pahatan batu di Muntilan. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar berupa LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) menggunakan model project based learning berbasis etno-STEM. LKPD yang telah dirancang juga diujicobakan kepada 16 siswa di SMP Pangudi Luhur Srumbung.
.