Font Size:
APAKAH ICT MEMPENGARUHI NILAI SAINS SISWA? PERBANDINGAN ANTARA INDONESIA DAN SINGAPURA
Last modified: 2022-10-10
Abstract
Studi ini meneliti apakah teknologi informasi dan komunikasi (information and technology communication/ ICT) mempengaruhi nilai sains siswa di Indonesia dan Singapura. Data PISA tahun 2015 digunakan untuk menjawab tujuan penelitian ini. Regresi linier multivariat digunakan di penelitian ini; sebagai variabel dependen adalah nilai PISA bidang sains, sedangkan informasi tentang latar belakang siswa digunakan sebagai variabel independen, yaitu jenis kelamin, usia, indeks status ekonomi, sosial, dan budaya, kepemilikan ICT di rumah, kesenangan dalam belajar sains. Untuk sampel Indonesia, hasil menunjukkan bahwa hanya usia dan jenis kelamin yang tidak signifikan pada taraf 5%. Sementara untuk sampel Singapura, hanya jenis kelamin yang tidak signifikan pada taraf 5%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kepemilikan ICT di rumah, kondisi ekonomi, sosial, dan budaya, dan kesenangan dalam belajar sains berpengaruh terhadap prestasi siswa yang diukur dengan nilai sains. Beberapa pengujian untuk menguji asumsi klasik, seperti uji normalitas residual, uji heteroskedastisitas dan uji kolinearitas juga dilakukan. Menurut tes ini, tidak ada masalah yang terjadi.
Keywords
ICT; sains; PISA; regresi multivariat; Indonesia; Singapura