Last modified: 2022-11-08
Abstract
Budaya adalah cara hidup sekelompok orang yang biasanya diwariskan secara turun-temurun. Budaya kerap dikaitkan dengan pendidikan yang dikenal dengan etnomatematika. Salah satu penerapan etnomatematika dalam dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran matematika yaitu etnomatematika alat musik tradisional di Indonesia. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah menganalisis sekaligus mengkaji, dan mendeskripsikan hasil kajian yang berkaitan dengan budaya yaitu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah (kendang) berdasarkan 6 aktivitas fundamental matematis yang dikemukakan oleh Bishop terdiri atas (1) counting (membilang), (2) locating (meletakkan), (3) measuring (mengukur), (4) designing (merancang), (5) playing (memainkan), (6) explaining (menjelaskan). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunaka dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data-data tersebut diambil dari data buku elektronik, artikel jurnal online serta sumber-sumber lain yang membahas tentang alat musik tradisional kendang yang sudah dipublikasikan. Teknik pengumpulan data yang dipilih adalah mencari data mengenai variabel berupa buku elektronik, artikel jurnal online dan lainnya. Data tersebut dianalisis kemudian dihasilkan adanya keterkaitan antara alat musik tradisional kendang dengan kegiatan belajar mengajar matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan sejarah dan filosofi dari alat musik tradisional kendang serta terdapat aktivitas fundamental matematis pada konsep matematika terutama pada bidang geometri.