Font Size:
PENGEMBANGAN E-BOOKLET INTERAKTIF PADA MATERI BAKTERI KELAS X DI ERA PEMBELAJARAN HIBRID
Last modified: 2022-11-18
Abstract
Hybrid Learning merupakan tantangan baru dalam dunia pendidikan. Implementasi pembelajaran di beberapa sekolah SMA di DIY masih terdapat kendala pada proses penerapannya, seperti : partisipasi peserta didik menurun, kuota & akses internet yang kurang memadai, serta kedisiplinan peserta didik. Selain itu, terdapat materi yang dirasa sulit untuk dipahami oleh peserta didik salah satunya adalah materi Bakteri. Pengembangan media pembelajaran berupa e-booklet interaktif diharapkan menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan dalam memperoleh jaringan dan penyampaian materi pelajaran yang bervariatif sehingga dapat meningkatkan partisipasi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg & Gall, hingga tahap perbaikan produk. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara dan kuisioner. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Media E-Booklet Interaktif memuat isi yang ringkas, gambar, video, dan evaluasi, serta dapat diakses secara online dan offline melalui perangkat android, dan PC. Berdasarkan hasil validasi dari para ahli mendapatkan rata-rata skor 93,56% dengan kriteria “Sangat Valid”, sehingga produk media pembelajaran E-Booklet Interaktif pada materi bakteri Kelas X layak untuk digunakan atau diuji coba terbatas sesuai saran dari para ahli.