Last modified: 2022-11-10
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan dalam menyelesaikan soal uraia pada materi persamaan nilai mutlak. Indikator kesulitan yang digunakan disini adalah kesulitan dalam pemahaman konsep, dalam penerapan prinsip dan kesulitan menyelesaikan soal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes soal uraian kepada siswa, setelah itu hasil jawaban siswa dikoreksi dan dianalisis. Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kota Tambolaka pada kelas X semester ganjil tahun ajaran 2022-2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK kelas X di kabupaten sumba barat daya. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X, diantaranya subjek dengan kemampuan matematika tinggi, dengan kemampuan matematika sedang, dan kemampuan matematika rendah. Peneliti menggunakan instrumen berupa tes soal uraian dan wawancara untuk memperoleh suatu data. Dari data penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi sudah mampu menerapkan prinsip serta terampil pada saat peyelesaian soal.