Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2024

Font Size: 
Peran Efikasi Diri dan School Belongingness terhadap Masalah Emosi dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar
Kania Dwi Kinanthi

Last modified: 2024-07-03

Abstract


Siswa sekolah dasar menghadapi berbagai perubahan internal dan eksternal serta tekanan yang membuat mereka rentan terhadap masalah emosi dan perilaku. Masalah emosi dan perilaku melibatkan interaksi dari berbagai faktor, baik faktor risiko maupun faktor protektif. Penelitian ini berupaya mengungkap peran efikasi diri dan school belongingness terhadap masalah emosi dan perilaku siswa sekolah dasar. Partisipan dari penelitian ini adalah 138 siswa dari tiga sekolah dasar di Yogyakarta yang berusia 10–13 tahun. Tiga instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala General Self-Efficacy (GSES), skala Psychological Sense of School Membership (PSSM), dan skala Strengths & Difficulties Questionnaire (SDQ). Hasil analisis regresi menunjukkan peranan signifikan dari efikasi diri dan school belongingness secara bersama-sama terhadap masalah emosi dan perilaku. School belongingness sendiri berperan secara negatif terhadap masalah emosi dan perilaku, sementara efikasi diri tidak berperan signifikan.

Keywords


efikasi diri; masalah emosi dan perilaku; remaja awal; school belongingness; siswa sekolah dasar