Last modified: 2024-08-07
Abstract
Tuntutan abad ke-21 mengharuskan peserta didik memiliki banyak kemampuan, salah satunya adalah kemampuan literasi matematis. Namun, fakta menunjukkan bahwa literasi matematis peserta didik di Indonesia masih rendah. Sehingga diperlukan inovasi pembelajaran yang mendukung pengembangan literasi matematis tersebut. Pembelajaran Challenge Based Learning yang terintegrasi STEM berbantuan Baamboozle dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diimplementasikan guna mengembangkan kemampuan literasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan upaya peningkatan kemampuan literasi matematis melalui pembelajaran Challenge Based Learning yang terintegrasi STEM berbantuan Baamboozle. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan teknik mengorganisasikan, menyintesis, mengidentifikasi, dan merumuskan informasi dari berbagai sumber artikel untuk dapat menjawab tujuan dari penelitian ini. Sebagai salah satu model pembelajaran inovatif, pembelajaran CBL yang terintegrasi STEM berbantuan Baamboozle memberikan pengaruh positif terhadap efektifitas serta peningkatan kemampuan literasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan integrasi pembelajaran STEM yang bermakna terhadap model CBL dapat dijadikan sebagai Ide Besar pada CBL dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Selain itu, Baamboozle menjadi media yang dapat memvisualisasikan ide-ide besar sehingga peserta didik lebih mudah mennganalisis, menentukan strategi dan menyelesaikan tantangan yang diberikan. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait implementasi model CBL terintegrasi STEM berbantuan Baamboozle terhadap kemampuan literasi matematis siswa.